Tiga Program Studi FTSP UII Sampaikan Akreditasi Internasional Dalam PKU Mahasiswa Baru

kuliah perdana

Syukur Alhamdulillaahi rabbal‘aalamin adalah ungkapan yang tidak akan terlupakan guna bersyukur kepada Allah Swt., atas rahmat dan dan karunia-Nya kita kembali berkumpul dalam majelis terbuka forum ilmiah civitas akademika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  dalam rangka Pembukaan Kuliah Umum (PKU) sebagai simbol bahwa aktifitas akademik dimulai khususnya bagi mahasiswa baru angkatan 2016/2017.

Selamat datang adik-adik mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia di kampus yang megah, kampus tertua dan kampus terkenal di Tanah Air Indonesia bahkan di kancah Internasional. Selesainya  Study General di Hall Kampus Pusat UII Kamis (11 Agustus) ketiga Program Studi FTSP UII (Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Lingkungan) menyambut kedatangan mahasiswa baru bertempat di Auditorium bagi Program Studi Teknik Sipil, di ruang kuliah bagi Program Studi Teknik Lingkungan, dan di ruang Studio bagi Program Studi Arsitektur. Sebanyak 416 mahasiswa baru yang terdiri dari Prodi Teknik Sipil 173 mahasiswa, Arsitektur 129 mahasiswa dan Teknik Lingkungan 114 mahasiswa.

Turut hadir Dr.-Ing.Ir.Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI mengatakan sebagai mahasiswa arsitektur harus berhati hati, karena arsitektur itu peradaban. Sebagai calon seorang arsitek UII harus menempuh waktu 5 (lima) tahun karena setelah selesai secara akademik selama 4 (empat) tahun dituntut melanjutkan profesi selama 1 (satu) tahun kedepan guna menjadi calon seorang arsitek, karena kalau tidak menambah 1 (satu) tahun sebagai calon arsitek hanya menjadi seorang sarjana arsitektur saja. Sejak tahun 2011 Arsitektur UII sudah menggunakan software Building Information Modeling (BIM) guna menunjang kearsitekturan. Arsitektur UII satu satunya perguruan tinggi yang menggunakan system ini. Tutur Dosen Senior Arsitektur UII yang sekaligus Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UII. Sedangkan Proses akreditasi internasional Program Studi Arsitektur tahun ini sudah sampai dipenghujung puncak tinggal menunggu waktu fisitasi  dari  Korean Architecture Accrediting Board (KAAB).

sambutan dari kaprodi teknik sipil

Ketua Program Studi  Teknik Sipil UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D)  mengatakan bahwa  alhamdulillahi  telah  terlaksana dengan baik dan sukses  JABEE on site evaluation, dengan hasil yang   terbaik, yaitu Prodi Teknik Sipil UII terakreditasi iInternasional secara penuh. Persiapan guna memperoleh akreditasi internasional ini Program Studi Teknik Sipil berkompetensi sejak beberapa tahun silam baik  pengembangan Prodi menuju akreditasi internasional maupun internal UII.

sambutan dari kaprodi teknik lingkungan

Sementara Ketua Program Studi Teknik Lingkungan (Hudori, ST., MT) memaparkan  kurukulum yang berlaku di Program Studi Teknik Lingkungan hingga akreditasi Internasional.  Program Studi Teknik Lingkungan tahun ini sedang menunggu waktu fisitasi akreditasi Internasional yang menginduk Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA, semoga akreditasi Internasional Teknik Lingkungan segera terwujud. Ungkap Hudori.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply