Pelantikan Kepengurusan IKATEKSI Periode 2023-2027 dan Peluncuran Program Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi

Ikatan Keluarga Alumni Teknik Sipil (Ikateksi) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan launching program Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi. Peluncuran dilaksanakan bersamaan dengan acara pelantikan kepengurusan Ikateksi UII periode 2022-2027 di Auditorium Gedung Moh. Natsir FTSP UII pada Sabtu, 13 Dzulhijah 1444 H/1 Juli 2023.

Ketua Ikateksi, Ir. Supriyatno dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa SKK Konstruksi merupakan kebutuhan bagi setiap alumni. Selama ini, Ikateksi UII yang mencari alumni agar memiliki SKK Konstruksi. “Per Mei 2023, pemerintah telah menetapkan seluruh proyek Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), tenaga ahlinya wajib mempunyai SKK Konstruksi. Mereka akan diverifikasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujarnya.

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan jika tenaga ahli tidak lolos verifikasi PUPR akan didiskualifikasi. Menurutnya, program utama dari kepengurusan Ikateksi UII periode 2022-2027, di antaranya adalah menyelenggarakan pelatihan. Menurut rencana, pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari. Perinciannya, dua hari untuk seminar dan satu hari untuk ujian. Dalam pelatihan dan ujian, Ikateksi UII akan mengundang sponsor sehingga akan menjadi pemasukan. Ada dua departemen yang akan mengelola sertifikasi yaitu departemen sertifikasi dan pelatihan, dan departemen usaha syariah. Dua departemen ini akan bekerjasama untuk sertifikasi dan pelatihan serta usaha pemasukan bagi organisasi.

Ia juga menambahkan bahwa Ikateksi UII akan mendorong Program Studi Teknik Sipil agar setiap mahasiswa yang lulus sudah memiliki SKK Konstruksi, minimal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). “Jadi SKK Konstruksi ini merupakan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sehingga Ikateksi UII akan mengadakan pelatihan SKK Konstruksi untuk level 4 hingga 9,” imbuhnya.

Sementara itu agenda pelantikan kepengurusan Ikateksi UII periode 2022-2027 dilakukan oleh Wakil Ketua Umum IKA UII Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Drs. Asmai Ishak, M. Bus, Ph.D. dengan disaksikan oleh Dekan FTSP UII, Dr. -Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI., sejumlah dosen, pengurus, dan anggota Ikateksi UII.