Penyambutan Mahasiswa Baru FTSP UII Luruskan Hati Untuk Menuntut Ilmu

Foto2-Penyambutan-MhsBaru(1)

Rabu (23 Agustus) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) bertempat di  Hall Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta menggelar penyambutan bagi mahasiswa baru angkatan 2017 yang menurut agenda dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada 23 hingga  25 Agustus.

Segenap Pimpinan Fakultas, Program Studi, Panitia penyelenggara, dewan dosen dan para tenaga kependidikan FTSP UII menyambut  554 (lima ratus lima puluh empat) mahasiswa baru angkatan 2017 yang  terdiri dari 235 mahasiwa dari Prodi Teknik Sipil, 149 mahasiswa Prodi Arsitek dan 170 mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan dengan penuh kegembiraan.

Dalam penyelenggaraan penyambutan mahasiswa baru tahun 2017 ini, Pimpinan Fakultas beserta Pimpinan Program Studi beserta Panitia penyelenggara menyuguhkan beberapa kegiatan unggulan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seperti Sholat Dhuha berjama’ah, makan pagi (sarapan bareng) soto antara  Mahasiswa Baru dengan Panitia.

Dua  materi masing masing yang disuguhkan Dialog Kebangsaan dengan menghadirkan nara sumber Kolonel Infantri Ade Andrian, S.AP.M.AP (Kadeppimjuang Akmil Magelang Jawa Tengah), dan Dialog motivasi ke-Islaman bersama Drs. Imam Mujiono, M.Ag. Pengenalan dan unggulan kampus pun disampaikan dimasing masing Program Studi (Prodi) dengan Dialog Profesi Praktisi dan Profesional baik dari kalangan internal maupun eksternal.

Dalam sambutannya Wakil Dekan FTSP UII (Setyo Winarno, ST., MT., Ph.D) mengatakan bahwa,  penyambutan mahasiswa baru FTSP UII kali ini mengedepankan nilai-nilai Islam yang diberi nama PILAR Bangsa, yang pelaksanaannya sangat terbuka berdialog dengan mahasiswa baru. Kami sampaikan selamat datang dan bergabung adik adik mahasiswa baru angkatan 2017 di kampus hijau FTSP.

Penyambutan mahasiswa baru ini disusun untuk menumbuhkan rasa bahagia, terutama  bagi mahasiswa baru angkatan 2017 sebagai anggota baru di keluarga besar FTSP UII, tentu saja yang dilakukan dengan sopan, menyenangkan, banyak senyum, yang semuanya berbasis manfaat. Wakil Dekan FTSP UII pun menekankan kepada para mahasiswa baru FTSP UII angkatan 2017, luruskan hati untuk menuntut ilmu.

Senada dengan Wakil Dekan FTSP UII, Ketua Panitia penyelenggara (Lukman Hakim, ST., Msi), berharap  luruskan hati untuk menuntut ilmu adik adik sekalian, niatkan belajar anda dengan giat dan sungguh sungguh karena anda saat ini sudah masuk dunia baru yaitu sebagai mahasiswa.

Sementara nara sumber  Kolonel Infantri Ade Andrian, S.AP.M.AP menuturkan, pentingnya para mahasiswa mendapat pengetahuan tentang bela negara. Bahwa perang saat ini bukanlah perang secara konvensional seperti jaman dulu. Akan tetapi  perang saat ini adalah perang proksi (kalau boleh saya katakan lebih menggunakan pihak ketiga).

Kolonel Infantri Ade Andrian memberikan contoh  seperti  dengan mengusai sektor ekonomi.  Bela Negara pun dapat juga diwujudkan oleh generasi muda dengan tidak melakukan perkelahian, minuman keras, penyalah gunaan narkoba, bahkan kehidupan pergaulan bebas.

Anda anda sekalian tentunya juga memerlukan bekal pengetahuan tentang strategi, hal ini  ketika nantinya atau besuk para generasi muda masuk ke ranah politik, misalnya anda  menjadi Bupati, Walikota, Gubernur atau bahkan memimpin negara ini. Yang diamini oleh para mahasiswa baru. Nah strategi seperti inilah yang sangat dibutuhkan untuk mengatur tempat atau wilayah agar tidak terjadi gejolak yang tidak diinginkan. Ungkapnya.

Nara sumber Drs. Imam Mujiono, M.Ag. mengetengahkan Motivasi ke-Islaman menitik beratkan dalam impian massa depan, yaitu dengan memulai apa tujuan terakhir yang akan dicapai. Cita cita terakhir adalah tujuan utama yang didasari dengan rasa ketaqwaan kepada Allah SWT.

Foto-Penyambutan-MhsBaru(1)